Rapat Koordinasi Kerjasama antara Pemerintah Aceh dengan USAID

Kategori : Pemerintahan Kamis, 09 Agustus 2018

BPSDM Aceh bahas kerjasama dengan USAID


Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Aceh bahas kerjasama Pemerintah Aceh dengan pihak United States Agency for International Development (USAID). Kerjasama tersebut dibicarakan langsung dalam rapat yang digelar di Ruang Rapat Sekda Aceh, Kamis (9/08/2018). Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Asisten III Setda Aceh Kamaruddin Andalan mewakili Sekda Aceh, serta dihadiri beberapa utusan instansi seperti Kepala BPSDM Aceh (mediator), Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Pengurus LPSDM, Sekretaris BPKA, serta staf Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Aceh.
Dalam sambutannya, Kamaruddin Andalah menuturkan agar dengan adanya pertemuan tersebut mampu menghasilkan sebuah keputusan terkait pengembangan Sumber Daya Manusia, lembaga pemerintahan, serta perkembangan kapasitas keuangan masyarakat daerah di Aceh
"Semoga USAID juga dapat mengembangkan program-progam membangun lainnya agar dapat menghasilkan sebuah sinergi antara satu program dengan program yang lain, " ujar Kamaruddin.
Sementara itu, Kepala BPSDM Aceh, Mahyuzar menilai kerjasama antara Pemerintah Aceh dengan USAID yang telah di bangun beberapa tahun lalu tersebut telah memberikan dampak positif terhadap pengembangan sumber daya manusia di Aceh, terutama di bidang pendidikan.
"Kita sangat mengapresiasi kerjasama yang sudah ada sejak lama ini. Semoga kerjasama ini akan terus berlanjut ke depannya, " jelas Mahyuzar dalam rapat tersebut.
Untuk memperkokoh kerjasama tersebut Mahyuzar meminta pihak perwakilan USAID untuk segera merembukkan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara USAID dengan pihak Pemerintah Aceh.

“Nanti setelah ada nota kesepahaman baru bisa kita tindaklanjuti kerjasama ini dengan program-program yang mampu membangun Aceh,” imbuhnya.

Menanggapi hal itu, perwakilan USAID Indonesia Bidang Pendidikan dan Prestasi Randy Martin menuturkan akan segera berdiskusi dengan pihak USAID pusat di Jakarta untuk membahas kelanjutan kerjasama yang sedang dibangun tersebut.
“Hari ini kami telah berdiskusi panjang lebar dengan pihak BPSDM terkait kerjasama jangka panjang ini,” tuturnya.

Martin juga meminta BPSDM untuk segera merampungkan Grand Design pengembangan masyarakat yang dapat mendukung kerjasama tersebut kedepannya. Dalam hal ini pihaknya juga akan memfasilitasi perencanaan tersebut melaui technical assistant (bantuan teknis).
“Kami memiliki program baik kerjasama jangka panjang maupun jangka pendek. Namun semuanya itu baru bisa diajukan kalau Grand Design-nya sudah jelas,” jelasnya.
Ia mengaku sangat berterimakasih kepada Pemerintah Aceh khususnya BPSDM yang telah memfasilitasi rapat koordinasi tersebut sehingga kedepannya akan segera terjalin kerjasama yang baik dengan beberapa instansi di Aceh.

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32