Kepala BPSDM Aceh buka Diklat PIM Tingkat IV Retribusi

Kategori : Pendidikan & Pelatihan Senin, 27 Agustus 2018

Kepala BPSDM Aceh buka Diklat PIM Tingkat IV Retribusi

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Aceh menggelar Diklat Kepimpinan (PIM) IV Retribusi angkatan V kepada 36 Aparatur Sipil Negara (ASN) berasal dari lima kabupaten/kota di Aceh. Lima kabupaten/kota tersebut meliputi Aceh Jaya, Aceh Barat, Sabang, Aceh Tamiang, dan Pidie Jaya.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Manusia (BPSDM) Aceh Dr. Mahyuzar, M. Si menuturkan pelaksanaan diklat PIM IV tersebut merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan wawasan, profesionalisme dan kompetensi aparatur.

"Kita butuh kader-kader bangsa yang patriotis, cerdas dan enerjik serta memiliki idealisme untuk membangun Aceh ke depannya," ungkap Mahyuzar saat membuka diklat di Aula Lantai II BPSDM Aceh, Senin (27/8/2018).

Selain itu, kata Mahyuzar, Diklat PIM IV yang digelar pihaknya juga bertujuan menempatkan nilai dan prinsip kepemerintahan yang baik dalam penyelenggaraan tugas negara dan pembangunan daerah.

Lanjutnya lagi, melalui diklat tersebut para peserta akan dilatih untuk membangun birokrasi yang berkualitas melalui tiga kemampuan dasar.

Diantaranya, menjadi teladan bagi bawahan dan berbagai pemangku kepentingan, melakukan kolaborasi secara eksternal dan internal, serta melakukan inovasi sesuai bidang tugasnya.

Di akhir pembicaraanya, Mahyuzar berpesan agar seluruh peserta diklat dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat usai diklat nanti.

"Dahulukan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi atau golongan, " pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Kompetensi Manajerial dan Sosio Kultural BPSDM Aceh Drs. Agus Bahagia mengatakan diklat yang diikuti oleh 36 ASN tersebut bersifat ektensial dan discovery.

Ia menjelaskan, diklat secara extensial dapat terwujud melalui visitasi ke beberapa instansi, benchmarking (studi banding) serta pengalaman memimpin di instansi asal peserta diklat selama dua bulan.

"Kalau discovery, ini diklat yang dilakukan dengan membentuk para peserta menjadi agen perubahan (agent of change) dan mereka sendiri yang akan membentuk area perubahannya," jelas Agus.

Menurut Agus, Diklat PIM IV tersebut bakal berlangsung selama beberapa bulan ke depan terhitung sejak 27 Agustus hingga 19 Desember nanti.

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32