Buka pelatihan, ini kata Kepala BPSDM Aceh

Kategori : Pemerintahan Rabu, 05 September 2018

Buka pelatihan, ini kata Kepala BPSDM Aceh

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Aceh, Dr. Mahyuzar, M. Si menuturkan Pelatihan Teknis Penyusunan Kontrak dan Dokumen Pengadaan Barang/Jasa sangat penting dan berguna bagi seluruh pegawai Satuan Kerja Pemerintah Aceh (SKPA) khususnya yang bekerja di bagian pengadaan barang/jasa. Hal tersebut dikarenakan beberapa masalah krusial yang kerap terjadi di lapangan.

Salah satunya, kata Mahyuzar, kurangnya pemahaman para pengelola pengadaan barang/jasa terhadap eksistensi kontrak dan penyusunan kontrak.

"Padahal kontrak tersebut merupakan dasar yang mengatur hak dan kewajiban para pihak pengelola dalam sebuah aktivitas pengadaan," jelasnya saat membuka Pelatihan Teknis Penyusunan Kontrak dan Dokumen Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah 2018 di Aula Atas kantor setempat, Selasa (4/9/2018).

Selain itu, masih kata Mahyuzar, pembuatan kontrak secara asal-asalan tanpa memandang relevansinya dengan kepentingan pengadaan juga menjadi permasalahan di lapangan.

"Ini malah menimbulkan kerugian-kerugian yang sebenarnya bisa dihindari apabila kontrak disusun secara tepat guna," imbuhnya.

Ia berharap contoh permasalahan tersebut dapat dihindari oleh seluruh SKPA usai kegiatan diklat tersebut berakhir.

Sementara itu, menurut Kepala Sub Bidang Pengembangan Kompetensi Jabatan Fungsional BPSDM Aceh Syarifah Nur, S.S, M. Si menuturkan sasaran pelatihan tersebut untuk meningkatkan kompetensi Aparatur Sipil Negara dalam penerapan good government (pemerintah yang baik-red) di bidang penyusunan kontrak dan dokumen pengadaan barang/jasa.

"Pelatihan tersebut diikuti 30 Peserta dari berbagai instansi di Aceh selama lima hari terhitung sejak 4 September hingga 8 September mendatang," kata Syarifah.

Untuk diketahui, seluruh peserta pelatihan merupakan utusan dari hampir seluruh dinas dan instansi di Aceh di antaranya seperti BPSDM, Dinas Pemerumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim), Unit Layanan Pengadaan (ULP), Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk (Disnakermobduk), Majelis Adat Aceh (MAA), Badan Arsip dan Perpustakaan, Biro Humas dan Protokol Setda Aceh, serta beberapa intsansi lainnya.

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32