Pemerintah Aceh tindak lanjuti kerjasama dengan URI Amerika

Kategori : Pemerintahan Kamis, 11 Oktober 2018

Pemerintah Aceh tindak lanjuti kerjasama dengan URI Amerika

Banda Aceh - Pemerintah Aceh menandatangani tindak lanjut kerjasama bidang pendidikan dan pelatihan dengan kampus Univeristy of Rhode Island (URI) Amerika Serikat. Kerjasama tersebut melibatkan Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry.

Plt. Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah, MT menuturkan bakal memberikan support dan apresiasi yang besar terhadap kerjasama tersebut. Pasalnya, kerjasama tersebut dinilai dapat meningkatkan kapasitas dan mutu pendidikan di Aceh salah satunya melalui program pelatihan bagi Guru SMK di Kampus URI yang bakal berlangsung sejak Desember 2018 mendatang.

"Saya setuju dengan adanya kerjasama ini karena dapat meningkatkan kapasitas edukasi kita, " ujar Nova.

Selain itu, program pelatihan, penyuluhan dan pascasarjana yang ditawarkan URI kepada Dinas Perikanan Aceh juga diakuinya dapat memberikan pengaruh yang baik terhada perkembangan sektor perikanan dan perekonomian rakyat Aceh.

"Saya meminta dinas kelautan untuk melakukan komunikasi lanjutan dan intens dg pihak Dekan URI agar kerjasama ini dapat terus terjalin," kata Nova saat memberikan kata sambutan pada acara tersebut di Aula Rumah Dinas Wakil Gubernur Aceh, Selasa (10/10/2018).

Nova juga menyebutkan kerjasama tersebut selaras dengan visi dan misi pihaknya, yang salah satunya terkait pengembangan sumber daya manusia.

Sementara itu, Direktu Bisnis dan Kerjasama Pendidikan URI, Brook Williams Ross, MA, MBA menerangkan bahwa pihaknya sudah empat kali pergi ke Aceh dan telah melakukakan kerjasama dengan Pemerintah Aceh serta beberapa kampus di Aceh seperti Universitas Syiah Kuala, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Universitas Malukussaleh serta Universitas Teuku Umar.

Dari beberapa pengalaman kerjasama tersebut, dia mengaku melihat banyak kesempatan kerjasama yang dapat dilakukan antara URI dan Aceh.
"Kami berharap dengan ini dapat meningkatkan kapasitas di bidang perikanan, pertanian, dan guru SMK untuk masa depan Aceh yang lebih baik," jelasnya.

Menanggapi tindak lanjut kerjasama tersebut, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Aceh Dr. Mahyuzar, M. Si menuturkan pihaknya menyambut baik kerjasama tersebut.

"Ini tentunya akan menjadi hal yang positif bagi putra-putri Aceh, terlebih di bidang pendidikan dan pelatihan vokasional, " kata Mahyuzar.

Penandatanganan Kerjasama Tersebut jamak dihadiri beberapa SKPA diataranya Kepala BPSDM Aceh Mahyuzar, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Cut Yusminar, Kepala Dinas Pendidikan Aceh Syaridin, Kepala Biro Humas Setda Aceh Rahmad serta perwakilan dari UIN Ar-Raniry, UNSYIAH dan UNIMAL. (Gsa)

 

Sosial

Sholat

Kota: Banda Aceh
Lat: 5.53
Lng: 95.32